RENCANA PERKULIAHAN SEMESTER (RPS)
JURUSAN BIOLOGI
FMIPA UNIVERSITAS NEGERI MALANG
A. IDENTITAS MATAKULIAH
1. Matakuliah : ANATOMI FISIOLOGI MANUSIA
2. Sandi : BIO 426
3. Kredit/J.semester : 3/5
4. Disajikan pada jenjang : S1 Biologi/ Pendidikan biologi
5. Sifat Mata Kuliah : MKK
6. Matakuliah Prasyarat : Struktur Hewan, Biokimia, Fisiologi Hewan
7. Nama Dosen Pengampu : Dr. H. Soedjono Basuki, M.Pd
Dra. Titi Djudani, M.Kes.
Dra. Sri Rahayu Lestari, M.Si
Nuning Wulandari, S.Si, M.Si
Hendra Susanto, S.Pd., M.Kes.
B. STANDAR KOMPETENSI
Hard skill:
Mahasiswa memahami dasar-dasar Anatomi dan Fisiologi Manusia untuk bekal melaksanakan tugas profesinya sebagai Sarjana Sains Biologi dan sebagai guru Biologi, serta mempermudah pemahaman fenomena kehidupan.
Soft skill:
Mahasiswa mampu memanfaatkan materi yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari
C. KOMPETENSI DASAR
1. Memahami lingkungan internal sel, lingkungan eksternal sel, homeostasis, umpan balik negatif dan gangguan homeostasis.
2. Memahami struktur dan proses fisiologi sistem saraf pada manusia.
3. Memahami struktur dan proses fisiologi sistem otot dan gerak pada manusia.
4. Memahami sistem endokrin pada manusia dan memahami pentingnya peranan hormon sebagai sistem integratif disamping sistem saraf.
5. Memahami proses pencernaan makanan pada manusia.
6. Memahami proses pertukaran gas pada manusia.
7. Memahami mekanisme pembentukan antigen-antibodi, sirkulasi cairan tubuh (darah) pada manusia.
8. Memahami pengertian dasar regulasi dan prinsip-prinsip regulasi dan memahami kerja sistem ekskresi pada manusia.
D. DESKRIPSI MATERI
Homeostasis: Lingkungan internal sel, lingkungan eksternal sel, homeostasis, umpan balik negatif, gangguan homeostasis
Sistem Saraf: Organisasi Sistem Saraf, klasifikasi sel saraf, sel glial, pelindung sistem saraf pusat, sistem saraf pusat dan tepi, sistem saraf otonom, sistem saraf otonom, sinyal listrik, polarisasi, depolarisasi, potensial bertingkat, potensial aksi pemompaan K+, Na+, perambatan impuls, periode refrakter. Didukung dengan praktikum gerak refleks. Didukung dengan praktikum anatomi otak dan sumsum tulang belakang.
Panca Indera: Reseptor, sensasi, indera umum (indera sakit, indera peraba), indera khusus (pengecap, pembau, penglihatan, keseimbangan). Didukung dengan praktikum sensasi indera. Didukung dengan praktikum anatomi indera ( mata, telinga dan kulit).
Sistem Otot : Prinsip all or none, macam-macam kontraksi, struktur otot, anatomi mikroskopis sel otot, sarkomer, filamen aktin, filamen myosin pada sel otot rangka, polos, jantung Kontraksi otot rangka, otot polos, otot jantung, peranan ion Ca2+, ATP, dan Fosfagen pada kontraksi otot. Didukung dengan praktikum anatomi otot.
Hormon: Kelenjar endokrin, mekanisme kerja hormon, hipotalamus, hipofisis, tiroid, paratiroid, adrenal, pankreas, ovarium testes, pineal, timus. Jaringan endrokin lain.
Sistem Sirkulasi: Darah, respon kebal (antigen, antibodi, reaksi antibodi, sistem komplemen), autoimunitas, fisiologi hemostasis, gol darah, cairan interstial dan limfe, ketidakseimbangan homeostasis darah. Siklus jantung, suara jantung, cadangan jantung, pengendalian jantung, pengendalian vasomotor, prinsip aliran darah, pengendalian tekanan darah, pengukuran tekanan darah. Didukung dengan praktikum mengukur tekanan darah dan suara jantung dan denyut nadi, kadar Hb, golongan darah dan jumlah sel darah (merah dan putih).
Sistem Respirasi: Ventilasi paru, volume paru, pertukaran gas pernafasan, respirasi eksternal, respirasi internal. Pengendalian respirasi, medullary rhytmicity, pneumotaxic area, apneustic area, regulasi pusat respiratori. Didukung dengan praktikum respirasi.
Sistem Pencernaan Makanan: Anatomi gastrointestinalis dan kelenjarnya, hati dan empedu, pankreas, proses pencernaan makanan, absorbsi zat makanan, metabolisme. Didukung dengan praktikum anatomi sistem pencernaan dan pengaruh kerja enzim dengan pH.
Sistem Urinari: Unit fungsional ginjal, fisiologi ginjal, filtrasi glomerulus, kerja tubulus, mekanisme pengenceran dan pemekatan urin. Pengasaman urin, mekanisme Buffer untuk pengendalian pH cairan tubuh, mekanisme pemertahankan volume cairan ekstra sel, diuresis, susunan urin, berkemih. Didukung dengan praktikum anatomi ginjal dan urinalisis.
E. INDIKATOR KOMPETENSI
1.1. Menjelaskan lingkungan internal dan lingkungan eksternal pada sel dan makhluk hidup dalam menjaga homeostasis sel dan makhluk hidup.
1.2. Menjelaskan perbedaan lingkungan internal dan lingkungan eksternal pada sel dan makhluk hidup.
1.3. Menjelaskan gangguan homeostasis dan cara tubuh untuk mengatasinya.
1.4. Menjelaskan terjadinya potensial aksi, depolarisasi, repolarisasi dan hiperpolarisasi.
2.1. Menjelaskan perkembangan dan organisasi saraf pada manusia.
2.2. Menjelaskan sifat-sifat ion dalam sel saraf dan dan sifat kelistrikam membran sel saraf.
2.3. Menjelaskan terjadinya potensial aksi, depolarisasi, repolarisasi dan hiperpolarisasi
2.4. Menjelaskan potensial aksi pada sel saraf terjadi berdasarkan prinsip “all or none”.
3.1. Menjelaskan potensial reseptor dan potensial generator.
3.2. Menjelaskan mekanisme terjadinya sensasi pada indera umum.
3.3. Menjelaskan terjadinya sensasi pada indera khusus.
4.1. Menjelaskan perbedaan struktur dan fungsi otot polos, otot rangka dan otot jantung.
4.2. Menjelaskan proses kontraksi otot berdasarkan teori pergeseran filamen (sliding filament theory)
4.3. Menjelaskan mekanisme kontraksi otot polos unit tunggal dan unit jamak.
4.4. Menjelaskan kontraksi sel otot rangka dan kontraksi otot jantung mengikuti prinsip “all or none” sedangkan otot rangka tidak.
4.5. Menjelaskan peran ATP dan fosfagen dalam kontraksi otot.
5.1. Menjelaskan klasifikasi hormon berdasarkan pengaruh hormon terhadap jaringan target.
5.2. Menjelaskan dengan contoh mekanisme regulasi produksi dan sekresi hormon berdasarkan mekanisme umpan balik.
5.3. Menjelaskan mekanisme kerja berbagai stimulus yang mempengaruhi sekresi hormon dan menjelaskan mekanisme kerja hormon pada target.
5.4. Menjelaskan perbedaan struktur dan fungsi antara neurohipofisis dan adenohipofis
6.1. Menjelaskan respon kebal (antigen-antibodi), autoimunitas.
6.2. Menjelaskan homeostasis golongan darah, dan ketidakseimbangan homeostasis darah.
6.2. Menjelaskan aktivitas kelistrikan pada pengatur irama, berkas Hiss dan jaringan purkinye pada jantung. Menjelaskan hubungan antara keluaran jantung dengan volume sekuncup dan frekuensi denyut jantung, sistole, diastole dan cara pengukurannya.
6.3. Menjelaskan hubungan antara penampang pembuluh darah dengan kecepatan aliran darah.
6.4. Menjelaskan mekanisme pengendalian saraf pada jantung dan pembuluh darah untuk mengendalikan pembuluh darah.
7.1. Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi difusi gas pernafasan melintasi membran/ epitel pernapasan dan menyebutkan syarat-syarat yang harus dimiliki oleh suatu organ/ permukaan tubuh hewan agar dapat digunakan sebagai alat pernapasan.
7.2. Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi difusi gas pernafasan melintasi membran/ epitel pernapasan dan menyebutkan syarat-syarat yang harus dimiliki oleh suatu organ/ permukaan tubuh hewan agar dapat digunakan sebagai alat pernapasan.
7.3. Menjelaskan mekanisme ventilasi pada insang dan paru-paru dan menjelaskan perbedaan paru-paru ventilasi dan paru-paru difusi.
7.4. Menjelaskan mekanisme pengaturan pernapasan pada manusia.
8.1. Menjelaskan anatomi gastrointestinal dan kelenjarnya, hati dan empedu, pankreas
8.2. Menjelaskan proses pencernaan makanan, absorbsi zat makanan dan metabolismenya.
9.1. Menjelaskan unit fungsional ginjal.
9.2. Menjelaskan fisiologi ginjal.
9.3. Menjelaskan filtrasi glomerlus, kerja tubulus, mekanisme pengenceran dan pemekatan urin.
9.4. Menjelaskan pengasaman urin, mekanisme Buffer untuk pengendalian pH cairan tubuh.
9.5. menjelaskan mekanisme mempertahankan volume cairan ekstra sel, diuresis, susunan urin dan mekanisme berkemih.
F. PELAKSANAAN PERKULIAHAN
- Metode Perkuliahan: Ceramah (C), Diskusi (D), Tanya Jawab (T) dan Penugasan (P).
- Sumber belajar yang digunakan: diktat, buku, transparansi fisiologi, CD pembelajaran.
Rambu-Rambu Penilaian
NA = X1 + 2.X2 + X3 + 2X4
6
X1 = Tugas-tugas (Membuat pertanyaan, menjawab pertanyaan)
X2 = Tes Tengah Semester
X3 = Aktivitas (presentasi, diskusi)
X4 = Tes Akhir Semester
G. PELAKSANAAN PERKULIAHAN
- Metode Perkuliahan: Ceramah (C), Diskusi (D), Tanya Jawab (T) dan Penugasan (P).
- Sumber belajar yang digunakan: diktat, buku, transparansi fisiologi, CD pembelajaran.
H. KEPUSTAKAAN
Wajib:
Silverthorn, Unglaub Dee., William C.O., MD, Claire W.G., Andrew, C.S., Bruce, R.J. 2005. Human Physiology an Integrated Approach. Pearson Benjamin Cummings. New York.
Antony, Parker C.1959. Textbook of Anatomy and Physiology. 5th.ed. St. Louis: Mosby Company
Anagnostakos and Tortora. 1987. Principles of Anatomy and Physiology. 5th.ed. New York: Harper & Row, Publisher.
Marieb, Elaine N. 1989. Human Anatomy and Physiology Laboratory Manual. Redwood City. The Benjamin / Cummings Publishing Company, Inc.
Sherwood, Lauralee.1989. Human Physiology: From Cells to Systems. St. Paul: West Publishing Company.
Soewolo, Basoeki S, Yudani T.1999. Fisiologi Manusia. Malang: IMSTEP-JICA, FMIPA, Universitas Negeri Malang.
Spateholz, Werner.1983. Handatlas der Anatomie des Menschen. Antwerpen: Bohn, Sceltema & Holtema.
H. Rencana Perkuliahan.
Pertemuan | Pokok / Sub Pokok Bahasan | Tugas Terstruktur |
1 | Homeostasis: Lingkungan internal sel, lingk eksternal sel, homeostasis, umpan balik negatif, gangguan homeostasis | Membaca Kepustakaan, Ceramah & Diskusi |
2 | Sistem Saraf 1: Sinyal listrik, polarisasi, depolarisasi, potensial bertingkat, potensial aksi pemompaan K+-Na+. | Membaca Kepustakaan, Membuat Makalah dan Tayangan, Diskusi. |
3 | Sistem Saraf 2: Perambatan impuls (jarak pendek dan panjang), periode refraktori absolut dan periode refraktori relatif, prinsip all or none. Perambatan impuls melalui sinaps (IPSP dan EPSP) | Membaca Kepustakaan, Membuat Makalah dan Tayangan, Diskusi |
4 | Panca Indera, Reseptor, sensasi, indera umum (indera sakit, indera peraba), indera khusus (pengecap, pembau, penglihatan, keseimbangan) | Membaca Kepustakaan, Membuat Pertanyaan, Diskusi |
5 | Sistem Otot 1 Prinsip kontraksi otot sel otot dan kontraksi otot (dikaitkan dengan unit motorik). Mekanisme kontraksi otot lurik dan otot polos, otot jantung, peranan ion Ca++, ATP, dan Fosfagen pada kontraksi otot. Macam kontraksi otot. Hubungan kekuatan dan frekuensi stimulus dengan besarnya kontraksi otot. Menjelaskan otot jantung tidak mudah lelah. | Membaca Kepustakaan, Membuat Pertanyaan, Diskusi |
6 | Sistem Endokrin: mekanisme kerja hormon (amin, peptida dan steroid), pengaturan sekresi hormon (feedback + dan -). Pengaturan kebutuhan sel target terhadap hormon. | Membaca Kepustakaan, Membuat Pertanyaan, Diskusi |
7 | Pendalaman I: Pemahaman tentang hubungan sistem saraf, pancaindera, otot dan sistem endokrin berkaitan dengan pengaturan homeostasis. Mahasiswa dipandu untuk melakukan analisis dan sintesis dan dianalisis dalam pemahaman mekanisme tersebut. | Mahasiswa melakukan analisis dan sintesis dalam pemahaman pada berbagai sistem yang dipelajari dalam usaha mempertahankan homeostasis. |
8 | TES TENGAH SEMESTER | - |
9 | Sistem Sirkulasi I Darah, respon kebal (antigen, antibodi, reaksi antibodi, sistem komplemen), autoimunitas, fisiologi hemostasis, gol darah, cairan interstidial dan limfe, ketidak seimbangan homeostasis darah) | Membaca Kepustakaan, Membuat Pertanyaan, Diskusi |
10 | Sistem Sirkulasi 2 Siklus jantung, suara jantung, cadangan jantung, pengendalian jantung, pengendalian vasomotor, prinsip aliran darah, pengendalian tekanan darah, pengukuran tekanan darah. | Membaca Kepustakaan, Membuat Pertanyaan, Diskusi |
11 | Sistem Respirasi: Ventilasi paru, volume paru, pertukaran gas pernafasan, respirasi eksternal, respirasi internal. Pengendalian respirasi, medullary Rhytmicity, Pneumotaxic Area, Apneustic Area, regulasi pusat respiratori. | Membaca Kepustakaan, Membuat Pertanyaan, Diskusi |
12 | Sistem Pencernaan Makanan Proses pencernaan makanan dan enzim yang berperanan, absorbsi zat makanan, regulasi dan sekresi enzim pencernaan. | Membaca Kepustakaan, Membuat Makalah dan Tayangan, Diskusi |
13 | Sistem Urinaria 1 Unit fungsional ginjal, fisiologi ginjal, filtrasi glomerulus, kerja tubulus, mekanisme pengenceran dan pemekatan urin | Membaca Kepustakaan, Membuat Pertanyaan, Diskusi |
14 | Sistem Urinaria 2 Pengasaman urin, mekanisme Buffer untuk pengendalian pH cairan tubuh, mekanisme pemertahankan volume cairan ekstra sel, diuresis, susunan urin, berkemih | Membaca Kepustakaan, Membuat Pertanyaan, Diskusi |
15 | Reproduksi: Siklus menstruasi, kehamilan dan persalinan, menopouse, ereksi dan ejakulasi, kelainan alat reproduksi, kontrasepsi. | Membaca Kepustakaan, Membuat Pertanyaan, Diskusi |
16 | Pendalaman II: Pemahaman tentang hubungan Sistem sirkulasi, sistem respirasi sistem pencernaan dan sistem urinaria. Mahasiswa dipandu untuk melakukan analisis dan sintesis dan dianalisis dalam pemahaman mekanisme tersebut. | Mahasiswa melakukan analisis dan sintesis dalam pemahaman sistem sirkulasi, sistem respirasi, sistem pencernaan dan sistem urinari. |
Ttd
Pengampu Matakuliah
I. RENCANA KEGIATAN PERKULIAHAN
Minggu Ke | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Tugas Terstruktur |
1 | Anatomi Rangka Manusia | Praktikum di Lab | Membaca Kepustakaan |
2 | Anatomi Otot Tubuh Manusia | Praktikum di Lab | Membaca Kepustakaan |
3 | Anatomi Organ Dalam Manusia | Praktikum di Lab | Membaca Kepustakaan |
4 | Memperdalam Materi Anatomi (untuk persiapan tes) | Praktikum di Lab | Membaca Kepustakaan |
5 | TES I (anatomi tubuh manusia) | Tes | |
6 | Refleks dan sensasi Indera | Praktikum di Lab | Membuat Laporan |
7 | Suara Jantung, Denyut Nadi dan Mengukur Tekanan darah | Praktikum di Lab | Membuat Laporan |
8 | Darah (mengukur Hb, gol darah, Jumlah sel darah merah dan sel darah putih) | Praktikum di Lab | |
9 | Diskusi kegiatan minggu ke 6 dan minggu ke 7 | Diskusi | Membaca Kepustakaan |
10 | Diskusi kegiatan minggu ke 8 | Diskusi | Membaca Kepustakaan |
11 | Respirasi | Praktikum di Lab | Membuat Laporan |
12 | Pengaruh pH Terhadap Kerja Enzim | Praktikum di Lab | Membuat Laporan |
13 | Urinalisis | Praktikum di Lab | Membuat Laporan |
14 | Diskusi kegiatan minggu ke 11 dan minggu ke 12 | Diskusi | Membaca Kepustakaan |
15 | Diskusi kegiatan minggu ke 13 | Diskusi | Membaca Kepustakaan |
16 | Pendalaman Materi sebelumnya (untuk persiapan tes) | Diskusi | Membaca Kepustakaan |
Ttd
Pengampu Matakuliah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar